CLICK HERE FOR FREE BLOG LAYOUTS, LINK BUTTONS AND MORE! »

Pages

Thursday, December 27, 2012

MANAJEMEN PEMASARAN Persaingan Pasar Penjualan Produk iPhone dan Samsung secara Global


BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Dalam era persaingan usaha yang semakin kompetitif sekarang ini, setiap pelaku bisnis yang ingin memenangkan kompetisi dalam persaingan pasar akan memberikan perhatian penuh pada srategi pemasaran yang dijalankannya . Produk – produk yang dipasarkan dibuat melalui suatu proses yang berkualitas akan memiliki sejumlah keistimewaan yang mampu meningkatkan kepuasan konsumen atas penggunaan produk tersebut. Dengan demikian pelanggan mau dan rela untuk kembali menikmati apa yang ditawarkan oleh perusahaan dan menjadi pelanggan yang setia bagi perusahaan. Sedangkan untuk dapat mendistribusikan kualitas dibidang jasa merupakan hal yang tidak mudah. Oleh karena itu, dalam proses pendistribusian barang kepada konsumen harus ada perhatian penuh dari manajemen pemasaran paling atas hingga karyawan level bawah.
Salah satu masalah pokok yang menjadi kendala dalam pemasaran adalah banyaknya saingan didalam pasar itu sendiri baik dari produk sejenis maupun dari produk lain. Hal tersebut merupakan tanggung jawab besar yang harus dimenangkan oleh suatu perusahaan jika ingin tetap eksis didalam persaingan bisnis. Persaingan yang semakin tajam dan perubahan-perubahan yang terus terjadi harus dapat dijadikan pelajaran oleh manajemen pemasaran agar dapat secara proaktif mengantisipasi perubahan-perubahan yang terjadi baik untuk masa sekarang dan akan datang. Untuk membahas hal tersebut, lebih jauh kita akan bahas dalam bab-bab berikut dari makalah ini.


 1.2  Rumusan Masalah
Maka permasalahan yang akan dibahas dalam makalah ini yaitu :
1.      Bagaimanakah analisa persaingan pasar?
2.      Bagaimana cara menghadapi keadaan dengan adanya persaingan pasar?
3.      Mengetahui persaingan pasar dengan adanya penjualan  produk kasus Android dan I-Phone secara global!
4.      Strategi apa yang dipakai dalam penjualan produk Samsung dan I-Phone?

1.3  Tujuan Penulisan
Dalam tujuan penulisan makalah ini untuk menjelaskan tentang persaingan pasar yang sering dihadapi oleh para produsen yang memilki saingan dengan beberapa penjualan produk lainnya. Di dalam makalah ini pun akan menjelaskan salah satu persaingan dalam penjualan produk iPhone dan Android secara global. Dengan adanya produk yang tercipta dari masing-masing handphone yang di produksi. Banyak hal yang dapat di banding-bandingkan dengan ke dua produk ini sehingga menciptakan suatu persaingan yang kuat dari produk iPhone dan Android ini. Dari ke dua persaingan produk iPhone dan Android ini pun di dalam makalah ini menjelaskan bagaimana strategi atau cara untuk menghadapi persaingan pasar, dan dapat mengetahui cara apa yang harus diambil pada saat terjadinya ke dua produk ini secara global atau umum.


 BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Analisis Pesaingan pasar
            Keberhasilan bisnis  salah satunya ditentukan oleh kemampuan memahami pesaing. Output dari kemampuan tersebut. Menopang manajemen dalam memutuskan dimana akan bersaing dan bagaimana posisi diantara pesaing. Demikian karena, analisis dilakukan dengan cara identifikasi industri dan karakteristiknya, identfikasi bisnis pun dievaluasi, prediksi aktifitas pesaing baru yang mungkin menerobos pasar maupun segmen pasar.
            Analisa persaingan merupakan sebuah usaha untuk mengidentifikasi ancaman, kesempatan, atau permasalahan strategis (strategy question) yang terjadi sebagai akibat dari perubahan persaingan pasar secara potensial, serta kekuatan dan kelemahan pesaing. Analisis persaingan bersifat dinamis. Pesaing dideskripsikan dan dianalisis, pesaing dievaluasi, serta kemudian tindakan pesaingpun diprediksi secara tepat. Yang termasuk didalamnya pesaing baru yang berpeluang mengacungkan jari telunjuk sebagai tanda kehadiran. Analisis persaingan merupakan aktifitas yang terus menerus dan memerlukan koordinasi informasi. Bisnis dan unit bisnis. Menganalisis pesaing dapat dengan cara menggunakan sistem intelejen pesaing untuk kepentingan itu, beberapa teknik dilakukan seperti pencarian database.survey konsumen, wawancara dengan pemasok serta partisipan lainnya yang sesuai, perekrutan karyawan pesaing termasuk mempelajari produk pesaing. Setiap teknik yang telah dikemukakan, tampaknya didalamnya mengandung unsur titik kedinamisan. Analisa SWOT ( Srenght, Weakness, Opportunities, Threats) adalah alat yang digunakan untuk mengidentifikasi isu-isu internal dan eksternal yang mempengaruhi kemampuan kita dalam memasarkan event yang akan dipasarkan.






2.2 Cara Menghadapi Persaingan Pasar
Maraknya pertumbuhan usaha saat ini, ternyata berhasil menciptakan persaingan pasar yang semakin ketat, keadaan ini tentu saja memaksa para pengusaha untuk menggunakan berbagai cara dalam strategi pemasaran mereka. Banyak cara yang mereka lakukan agar usahanya tidak kalah bersaing dengan peluang usaha lainnya, sehingga masih bisa bertahan bahkan berkembang ditengah persaingan pasar yang semakin pasar.
Memulai usaha memang bukanlah perkara yang mudah, berbagai tantangan dan persaingan pasar turut mewarnai perkembangan sebuah usaha. Dalam menjalankan bisnis, adanya persaingan pasar memang bukan hal yang baru. Baik usaha yang memang memiliki peluang pasar cukup bagus, atau pun peluang usaha yang pasarnya tidak terlalu bagus.
Untuk mengetahui bagaimana cara menghadapi persaingan pasar, terdapat beberapa tips yang dapat digunakan untuk memenangkan pasar, meliputi :
·         Amati pasar dan kenali pasar. Dalam menghadapi persaingan terlebih dulu lihatlah potensi pasar yang ada. Serta cari tau siapa pesaing yang kompeten saat ini, sehingga tidak salah langkah dalam menentukan strategi. Dengan mengetahui siapa pesaing, secara tidak langsung menentukan bagaimana cara menghadapinya.
·         Ciptakan produk yang berbeda. Dengan menciptakan produk yang unik dan belum ada dipasaran, maka produk andamemiliki nilai lebih dimata konsumen. Produk yang unik dan berbeda, memiliki ciri khas tertentu dan daya tarik tersendiri bagi para konsumen. Sehingga mereka lebih mengenali produk anda, dan memilih produk tersebut dibandingkan produk lainnya yang ada dipasaran.
·         Tonjolkan keunggulan produk. Fokuskan diri untuk lebih menonjolkan keunggulan produk, misalnya dengan cara mempertahankan kualitas produk atau pelayanan prima yang selama ini ditawarkan kepada konsumen. Sehingga loyalitas konsumen terhadap produk, akan semakin meningkat.
·         Pelajari kelebihan dan kelemahan pesaing. Dengan cara ini bisa mengetahui kelebihan apa yang dimiliki pesaing, dan memanfaatkan kelemahan pesaing sebagai peluang untuk memenangkan persaingan pasar. Ciptakan produk yang tidak diciptakan pesaing, atau berikan pelayanan yang tidak disediakan oleh pesaing. Sebab dengan menawarkan apa yang tidak dimiliki pesaing, maka peluang untuk memenangkan pasar semakin terbuka.
·         Menawarkan harga yang bersaing. Memberikan harga yang bersaing, bukan berarti  harus menurunkan harga dan memperbesar kerugian usaha.
·         Strategi ini bisa dilakukan dengan cara, memberikan bonus untuk pembelian tertentu. Misalnya bila pesaing menjual produk dengan harga yang lebih murah, maka untuk menghadapinya anda bisa menawarkan menawarkan bonus “beli 2 gratis 1”. Jadi harga produk Anda masih bisa bersaing, tanpa harus menurunkan harga dengan drastis.
  • Buatlah event untuk mempromosikan produk. Cara ini masih sering digunakan para pelaku usaha, karena minat kosumen untuk berbur barang-barang diskon masih sangat tinggi.
2.2.1 Strategi Pemasaran dalam Peningkatan Daya Saing
      Sebuah produk tidak akan dapat “memasarkan” dirinya sendiri dengan baik dan memenangkan tingkat persaingan yang ketat bila tiak ditunjang oleh strategi pemasaran yang baik pula yang dapat meningkatkan daya saing produk tersebut di mata konsumen.
Strategi pemasaran yang baik untuk dapat meningkatkan daya saing suatu produk haruslah dilengkapi dengan berbagai elemen penunjang.
1.      Tingkatkan kualitas produk dan layanan
Kualitas merupakan elemen utama bagi peningkatan daya saing suatu produk. Suatu produk dapat lebih mudah memenangkan tingkat persaingan yang kian ketat di pasaran bila kualitasnya selalu terjaga. Namun pengertian kualitas dalam era globalisasi dewasa ini tidak hanya terbatas pada kualitas produk yang ditawarkan, namun juga meliputi kualitas layanan yang menyertai penjualan suatu produk. Bila dulu konsep pemasaran konvensional dapat secara tegas membedakan antara perusahan penjualan produk dengan perusahan penjualan jasa, maka kini pembedaan seperti itu tidak lagi dapat diberlakukan bila suatu perusahan ingin dapat meningkatkan daya saingnya, saat ini seluruh perusahaan,  baik perusahan penghasil produk maupun penjual jasa. Haruslah bersikap sebagai “The Real Service Company” bagi para konsumennya guna dapat memenangkan tingkat persaingan yang semakin tajam serta meraih loyalitas konsumen. Dengan demikian pengertian service kini telah meluas tidak saja hanya sebagai jenis layanan yang dijual tapi juga mencakup pengertian layanan menyertai terjualnya suatu produk dipasaran, baik berupa pelayanan pada saat penjualan maupun pelayanan puma jual (after sales service). Kualitas yang baik pada akhirnya akan merupakan salah satu faktor yang memberikan nilai tambah (value added) pada suatu produk.
2.      Tanamkan Nilai-nilai Utama
Nilai yang dikandung suatu produk juga merupakan elemen penting untuk meningkatkan daya saing produk tersebut. Namun seperti halnya kualitas, telah terjadi pergeseran pengertian Nilai dari suatu produk. Nilai suatu produk tidak lagi hanya ditentukan dari kualitas yang baik maupun harga murah saja, tetapi juga ditentukan oleh sederetan faktor penentu nilai lainnya seperti kemudahan pembelian (convenience of purchase) yang terkait dengan ketersediaan (availability) suatu produk dipasaran serta jalur distribusi yang baik serta tingkat pelayanan yang memuaskan (service excellence). Hal ini disebabkan karena harapan konsumen selalu berkembang, sehingga penjualan suatu produk harus dapat memenuhi harapan konsumen secara tepat agar tercapai kepuasan konsumen (customer satisfaction).
3.      Tetapkan Posisi (Positioning Statement) yang tepat
Penetapan Posisi (positioning statement) yang diinginkan sangat diperlukan untuk dapat melahirkan citra (image) akan produk / jasa yang diharapkan. Positioning Statement yang jelas akan mempermudah arah penetapan strategi pemasaran suatu produk serta memperjelas target pasar yang akan dibidiknya. Dengan demikian dapat terhindar inefficiency dalam menjalankan program-program promosi. Untuk dapat lebih meningkatkan daya saing suatu produk saat dipasarkan, usahakan penetapan positioning yang unik dan berbeda dengan positioning produk pesaing. Suatu produk yang dapat memposisikan dirinya sebagai Leader dan Trend Setter (bukan hanya sekedar follower) akan lebih mudah untuk dapat meraih pangsa pasar. Penetapan positioning haruslah memperhatikan aspek psikologis dari masyarakat pada pasar yang dituju, disamping aspek demografis dan geografis, karena seringkali sebuah trend lahir karena sesuai dengan life style yang diinginkan oleh masyarakat dalam target pasar yang dituju.
4.      Ciptakan Brand Equity yang kuat
Brand equity yang kuat dan citra positif sangat diperlukan dalam menjalankan usaha sebagai salah satu kunci keberhasilan untuk meraih kepercayaan publik. Citra positif dari brand suatu produk / jasa ini pada akhirnya akan meningkatkan kepercayaan konsumen untuk menggunakan produk / jasa yang ditawarkan. Hal ini sangat penting karena daya saing dan kesuksesan pemasaran suatu produk / jasa sangat ditentukan oleh pengakuan masyarakat terhadap brand dari produk / jasa tersebut.
5.      Ciptakan Citra (Image) Positif di Mata Publik
Penciptaan Citra positif dari suatu perusahaan / produsen penghasil produk / jasa sangat erat kaitannya dengan penciptaan Brand equity untuk dapat meraih kepercayaan publik. Citra positif di mata publik hanya dapat tercapai bila keseluruhan perusahaan mencerminkan citra yang ingin diposisikan tersebut, karena publik akan lebih mengakui citra yang tercermin langsung dari setiap sikap dan kegiatan suatu perusahaan.
Oleh karena itu langkah awal yang harus diupayakan adalah menanamkan dan meningkatkan keyakinan dan kepercayaan diri di dalam tubuh perusahaan itu sendiri sebagai sebuah perusahaan yang profesional. Untuk selanjutnya sebuah motto dengan citra positif dapat didengungkan ke publik sehingga pada akhirnya perusahaan dapat memperoleh pengakuan dari masyarakat luas.
2.2.2 Mengidentifikasi Pesaing
            Beberapa informasi yang dibutuhkan dalam mengidentifikasi persaingan pasar informasi tersebut bisa dilihat dari apa yang akan di lakukan oleh pesaing, apa yang sedang di lakukan, dan profil responden pesaing. Dari semua informasi tersebut kita bisa melihat perkembangan pesaing. Informasi tersebut dapat di jabarkan sebagai berikut :
a.      Apa yang pesaing sedang kerjakan dan dapat dikerjakan?
Atas dasar beberapa analisis keunggulan informasi yang kuantitatif dan faktual mengenai apa pesaing yang mampu lakukan : apa yang dipunyai atau dimiliki, apa yang sedang dilakukan dan apa hasilnya. Pendekatan yang lebih terpusat, khususnya terpusat pada area perusahaan mempunyai keunggulan kompetitif atas sumber-sumbernya. Meskipun pengumpulan data dan fakta adalah penting, tetapi yang lebih penting adalah pengevaluasian dan interpretasi atas apa yang dihasilkan.
b.      Apa yang mungkin dilakukan oleh pesaing?
Informasi yang berkaitan dengan tindakan yang akan dilakukan pesaing sangat diperlukan terutama berkaitan dengan aspek akuntansi, peluang untuk melakukan ekspansi dan aspek fungsional perusahaan. Untuk mengetahui secara jelas arah tindakan yang akan dilakukan oleh pesaing maka kita perlu memahami tujuan dan asumsi yang digunakan pesaing.
c.       Profil Responden Pesaing
kombinasi dari analisis tujuan pesaing dan asumsi-asumsi ini bersama-sama dengan kapabilitas dan strategis-strategis saat ini dapat digunakan perusahaan untuk meramalkan profil respon pesaing. Profil respon menceritakan tindakan-tindakan macam apa yang mungkin diambil pesaing dalam merespon tindakan-tindakan perusahaan itu sendiri. Secara teoritis, persoalan ini komplek seorang ekonomis menggunakan istilah variasi konjungtur mengarah pada apa yang diketahui tentang kemungkinan dan intensitas dari respon-respon pesaing. Secara khusus, variasi konjungtur adalah apa yang dipercaya mengenai hubungan antara perilaku perusahaan itu sendiri dan tindakan yang berhubungan dengan mazimize return yang akan diambil oleh pesaing.
2.2.3 Strategi Untuk Memenangkan dari Persaingan
Strategi persaingan perusahaan dapat di definisikan menggunakan beberapa dimensi yang membedakan perusahaan dalam industri yang pada gilirannya harus mengkontribusikan relatif performancenya dalam industri. Paling sedikit dimensi ini terdiri atas dua kelompok aktifitas. Komitmen sumber bisnis berisi alokasi sumber-sumber dimana wilayah fungsionalnya dipertimbangkan untuk pencapaian keuntungan bersaing dalam mencapai target pasat produk.

 2.3 Persaingan Pasar Pada Produk dalam Penjualan Samsung dan iPhone
Perang antar raksasa teknologi komputer Amerika Serikat (Apple) dan Koera Selatan (Samsung) semakin sengit. Keduanya saling menjegal. Samsung Electronics meminta pengadilan Jepang dan Australia untuk menghentikan penjualan produk Apple terbaru, iPhone 4S di dua negara tersebut. Pengadilan Jepang juga diminta melarang peredaran iPhone 4 dan iPad 2.Permintaan Samsung itu didaftarkan di dua pengadilan negara itu pada Senin (17/10) terkait hak paten di antara kedua raksasa smartphone tersebut. Samsung menuduh Apple inc terus mencuri hak paten dan mencuri teknologi mereka.
Sebelumnya, Apple sudah menuduh Samsung menjiplak hak paten Apple yang ada dalam teknologi iPad dan iPhone. Apple pun sudah melaporkannya ke Pengadilan Australia. Pengadilan negeri Kanguru itu pun memutuskan untuk melarang secara terbatas penjualan komputer tablet Galaxy milik Samsung.Desain iPhone banyak ditiru ponsel pintar, khususnya yang menggunakan fitur layar sentuh. Display yang lebar dengan satu tombol di bawahnya membuat ponsel ini terlihat sederhana, namun tetap memancarkan kesan berkelas.Salah satu vendor yang dituding menjiplak desain smartphone buatan Apple ini adalah Samsung. Selain soal paten teknologi, itulah salah satu poin gugatan yang dilayangkan Apple kepada perusahaan asal Korea Selatan di pengadilan Amerika, Jerman, dan Australia.Dianggap menyontek desain iPhone, Wakil Presiden Bagian Desain Samsung Mobile, Lee Minhyouk, angkat bicara. Dia sangat tersinggung dengan tuduhan itu.
“Sebagai desainer, ini adalah persoalan martabat. Ide setiap detail dari seri Samsung Galaxy adalah murni buatan kami dan saya adalah salah seorang yang membuat itu,” kata Minhyouk seperti dikutip Telegraph, Minggu, 25 Maret 2012.
Kendati berhasil mendesain ponsel dan tablet yang mampu mengekor kesuksesan iPhone dan iPad, Minhyouk mengaku karyanya belum bisa disejajarkan dengan hasil rancangan Jonathan Ive, seorang desainer Apple yang membuat iPhone, iPod, dan iMac.
“Saya mungkin belum setingkat dengan dia (Ive), namun saya yakin satu hari nanti, Samsung akan membuat produk yang menjadi ikon bagi semua,” ujarnya.
Selama ini, Samsung memang menjadi satu-satunya vendor yang menghantui kesuksesan Apple. Contohnya, Samsung Galaxy SII. Ponsel ini didapuk sebagai smartphone Android terbaik dan merupakan penantang terkuat iPhone.Oktober tahun lalu, Samsung mengumumkan telah menjual 30 juta unit ponsel Galaxy S dan Galaxy SII di seluruh dunia. Sayangnya, penjualan dua jenis smartphone itu masih selisih 7 juta unit di bawah penjualan iPhone 4S. Untuk iPhone 4S saja, Apple sudah menjual lebih dari 37 juta unit sejak Oktober sampai dengan Desember 2011.Penantang berikutnya yang sudah disiapkan Samsung adalah seri Galaxy S III. Rencananya, ponsel ini diluncurkan pada semester pertama tahun ini.Samsung Galaxy S III menggunakan prosesor quad-core berkecepatan 1,5 GHz, layar selebar 4,8 inci, RAM 2 gigabita, dan kamera utama 8 megapiksel. Handset teranyar ini juga bakal mengadopsi sistem operasi Android 4.0 alias Ice Cream Sandwich.
Apple menuntut Samsung Electronics karena dianggap meniru desain iPhone dan iPad dalam pengembangan produk ponsel pintar Galaxy S dan komputer tablet Galaxy Tab.
Samsung menangkis tuntutan tersebut dan malah menuding bahwa Apple memanfaatkan tanpa izin alat teknologi komunikasinya yang sudah lebih dulu dipatenkan. Para pengamat industri meyakini Apple, yang menjadi pionir dalam pasar ponsel pintar, sedang berusaha mencegah Samsung berkelit dari tuntutannya.
Samsung menolak untuk berkomentar secara merinci karena hingga kini perusahaan alat komunikasi itu belum menerima nota keberatan resmi dari pihak Apple. Meskipun begitu, mereka menyangkal bahwa produknya menjiplak desain Apple. Juru bicara dari Samsung menjelaskan bahwa Apple-lah yang lebih mungkin mencontek ide mereka. Samsung mengklaim bahwa sejumlah ponsel dan perangkat teknologi komunikasi keluarannya telah dipatenkan sejak 20 tahun yang lalu. Sedangkan Apple, katanya, memasuki pasar ponsel pintar dengan iPhone belakangan dan justru memakai hak paten yang telah dimiliki oleh perusahaan elektronik yang lebih dulu ada. Para pengamat industri meyakini Apple mengajukan tuntutan tersebut untuk meraup keuntungan luar biasa yang diperoleh Samsung. Sebab waktu pengajuan tuntutannya secara kebetulan bersamaan dengan peluncuran ponsel pintar generasi terbaru, Galaxy S2, pada akhir bulan ini. Sementara itu Apple baru akan merilis ponsel iPhone 4 pada bulan Juni mendatang. Dengan desain yang mirip dan teknologi yang canggih pantas saja kalau kedua ponsel pintar ini laris di pasaran. Tapi kalau yang satu merilis produknya lebih dulu dan harganya lebih murah dari kompetitornya, rasanya nggak heran juga kalau Apple takut merugi.
Rupanya persaingan dalam bisnis gadget makin panas aja nih, setelah Samsung Electronics Co. menuduh Apple menjiplak temuan baru yang digunakan oleh perusahaan asal Korea Selatan ini. Samsung yang merasa dirugikan sampai menuntut Apple ke lembaga US International Trade Commission (Komisi perdagangan internasional) di Washington pada 28 Juni 2011. Atas tuduhan tersebut Apple pun balik menuduh kalau seri Galaxy andalan Samsung yang lagi ngetrend menjiplak iPhone dan iPad milik Apple. Khususnya di bagian fitur touchscreen,zooming,scrolling, dan selecting menu. Samsung yang merupakan pemasok chip memori buat Apple, sebelumnya pernah menuntut Apple di Seoul, Tokyo, San Francisco, Mannheim, dan Jerman atas tuduhan yang sama.
Ribut soal hak paten industri ternyata hal yang sudah biasa di dunia mobile phone. Sebelumnya Apple pernah berurusan dengan Nokia soal hak paten dan berakhir pada kesepakatan bahwa Apple bersedia membayar lisensi teknologi yang dikuasai Nokia pada produknya. Memang kalau dilihat Samsung Galaxy dan IPhone dari desain dan fitur punya kemiripan, lalu bagaimana akhir dari saling tuduh menjiplak antara Samsung dengan Apple kita tunggu saja infonya (Kontan/kompas.com). Bagi Samsung, larangan itu justru pengakuan tersendiri atas inovasi produk mereka. Produsen barang elektronik asal Korea Selatan, Samsung, dilarang menjual tiga model produk ponsel pintar seri Galaxy di sejumlah negara Eropa. Pasalnya, Samsung dianggap menjiplak sejumlah teknologi milik Apple Inc., yang menjual ponsel iPhone. Menurut stasiun berita BBC, 24 Agustus 2011, keputusan itu dibuat pengadilan di Belanda. Ini merupakan pukulan berikut bagi Samsung setelah pengadilan di Jerman beberapa pekan lalu melarang distribusi andalan lain mereka, yaitu komputer tablet Galaxy Tab 10.1, di Eropa setelah menjiplak produk Apple, iPad 2. Namun, pemberlakuan larangan tablet Samsung itu dicabut untuk sementara waktu.
Kini, Samsung pun harus bersiap atas larangan penjualan ponsel seri Galaxy. Model yang dilarang itu adalah Galaxy S, Galaxy S II, dan Galaxy Ace. Pasar yang dilarang bagi ponsel pintar itu adalah Belanda, Inggris, Prancis, Jerman, Finlandia, Irlandia, Lichtenstein, Luksemburg, Monako, Swedia, dan Swiss. Pemberlakuan itu akan mulai diterapkan dalam tujuh pekan mendatang. Dalam sidang pengadilan di Den Haag, hakim mendukung gugatan Apple bahwa Samsung mencontek teknologi yang telah mereka patenkan, yaitu EP 2059868. Paten itu berupa teknologi interface untuk melihat dan navigasi foto di atas layar sentuh. Sebenarnya Apple juga menyatakan bahwa Samsung telah menjiplak paten-paten lain yang mereka miliki. Namun, hakim tidak meluluskan klaim-klaim itu.
Menanggapi putusan hakim, Samsung menyatakan akan memberi perlawanan secara hukum. Mereka yakin larangan itu hanya berlaku di Belanda. “Putusan ini tidak berdampak pada penjualan di pasar-pasar lain Eropa,” demikian pernyataan Samsung. Samsung bahkan menyatakan putusan pengadilan itu adalah pengakuan tersendiri atas produknya. “Putusan itu merupakan penegasan bahwa sejumlah model Galaxy ternyata inovatif dan khusus,” demikian pernyataan Samsung. Seperti banyak perusahaan teknologi lainnya, selama ini Samsung menggunakan Belanda sebagai pintu masuk bagi produk mereka ke Uni Eropa. Bukan hanya Samsung dan Apple yang saling berperang di meja hijau terkait pelanggaran hak paten. Google, Motorola, Microsoft, dan LG pun saling bersaing, baik di pasar maupun di pengadilan.


            2.3.1 Sejarah I-Phone
            Sejarah I-Phone dimulai saat Steve Jobs, CEO dari apple Inc. Memerintahkan ilmuwan-ilmuwan Apple untuk mempelajari secara lebih mendalam tekhnologi layar sentuh. Pengembangan dari unit I-Phone itu sendiri di mulai nyaris 10 tahun sebelum I-Phone pertama diluncurkan di pasaran. Pada tahun 1999 Apple memantenkan hak untuk menggunakan nama domain iphone.org. beberapa tahun kemudian, Apple mengumumkan rencana mereka untuk berinvestasi dalam bisnis telepon genggam.
·         Apple mengejutkan dunia pada tanggal 29 Juni 2007 saat mereka memutuskan untuk terang-terangan terjun ke dalam kancah persaingan bisnis telepon gengganm. Secara eksklusif Apple menggaet AT&T Wireless sebagai mitranya untuk memasarkan iPhone 2G. Saat pertama kali dikembangkan, Apple hendak menjadikan iPhone unit telepon genggam yang memadukan fitur entertainment iPod dengan fungsi komunikasi sebuah telepon genggam. Lebih lagi iPhone 2G dilengkapi kamera berukuran 2 megapixel untuk kebutuhan foto.
·         Pada tanggal 11 Juni 2008, Apple memenuhi harapan para pengguna iPhone 2G dengan meluncurkan iPhone 3G yang merupakan penyempurnaan dari pendahuluannya.
·         Sebagai respon terhadap banyaknya masalah yang dihadapi oleh iPhone 3GS yang merupakan penyempurnaan dari iPhone 3GS yang merupakan penyempurnaan dari iPhone sebelumnya. Ada banyak perbedaan antara iPhone 3GS dan pendahulunya iPhone 3G.
·         Sebagai respon terhadap banyaknya masalah yang dihadapi oleh iPhone 3G, Apple secara sigap merilis iPhone 3GS yang merupakan penyempurnaan dari iPhone sebelumnya. Ada banyak perbedaan antara iPhone 3GS dan pendahulunya iPhone 3G. Di antaranya adalah penggunaan prosesor AAR 11 600 MHz pada iPhone 3GS, dimana iPhone 3G masih menggunakan prosesor ARM 11 412 MHz. Lebih lagi iPhone 3GS mendukung penggunaan piranti OpenGL ES 2.0, sedangkan iPhone 3G hanya mendukung penggunaan piranti OpenGL yes 1.1. Fitur yang paling menonjol dari iPhone 3GS tentu saja adalah kemampuan akses internetnya yang jelas jauh lebih cepat dan handal disbanding dengan seri iPhone 3G. iPhone 3GS juga dilengkapi teknologi nirkabel HSDPA WiFi dengan kapasitas 7.2 MB dan Bluetooth 2.1. Dari segi perangkat keras, berbeda dengan iPhone 2G dan 3G yang masih menggunakan kamera 2 megapixel, Apple melengkapi iPhone 3GS dengan kamera 3,5 megapixel. iPhone 3GS juga menjadi iphone pertama yang memiliki fitur merekam video. iPhone 3GS terbukti sukses di pasaran dengan 3 Juta unit terjual hanya dalam kurun waktu 3 hari dan download 10 juta aplikasi untuk iPhone 3GS oleh para pengguna yang terjadi dalam 2 - 3 minggu berikut.
·         Tingkat penjualan iPhone 3GS sama sekali tidak terpengaruh oleh resesi ekonomi yang tengah terjadi di Amerika Serikat pada tahun 1999. Oleh karena kesuksesan produk iPhone 3GS di pasaran, Apple tercatat sebagai satu dari sedikit perusahaan yang mengalami profit raise sebesar 15%, angka yang didapat dari penjualan 2,6 juta Mac dan 5,2 juta unit iPhone 3GS. Sebuah survey yang dilakukan RBC Capital Markets membuktikan bahwa 99% pengguna iPhone sangat puas dengan produk ini, dengan 82% pengguna menjawab “sangat puas” saat mengambil survey, 73% memberikan ranking tinggi, dan 94% konsumen merasa produk iPhone 3GS memenuhi semua tuntutan mereka terhadap seri iPhone dan bahkan lebih.

2.3.2 Spesifikasi iPhone
·         3,5 HSDPA + WIFI 802,11 b/g.
·         TouchScreen Candybar, kamera 5,0 MP, Memori Internal 16/32GB
·         iPhone 4 berjalan menggunakan sistem operasi Apple IOS 4 dan dapat diupgrade menjadi IOS 4,1. iPhone 4 mempunyai layar sentuh kapasitif berukuran 3,5 inci dengan dukungan LED-backlit.
·         iPhone 4 telah dilengkapi dengan kamera depan berbeda dengan pendahulunya yang tanpa kamera depan.
·         Sebagai tambahan iPhone 4 ditenagai oleh prossesor Apple A4 1 GHz dan RAM 512 MB. iPhone 4 memiliki ukuran yakni 115,2 x 58,6 x 9,3 pixel.
·         iPhone 4 dipersenjatai dengan kamera 5 megapixel dengan auto focus dan LED flash. Kamera iPhone 4 juga dapat mengambil video HD 720p. iPone  4 mendukung jaringan HSDPA 7,2 Mbps, Wi-Fi b/g, bluetooth 2,1 dengan A2DP dan tethering.
 
2.3.3 Sejarah Samsung
Samsung saat ini dikenal sebagai produsen handphone Android terbesar di dunia. Bahkan popularitas handphone Samsung pun mengalahkan Apple iPhone. Namun, perjalanan Samsung untuk menjadi produsen smartphone terbesar di dunia cukup lama.
Awal kesuksesan Samsung di dunia smartphone dimulai pada bulan 27 April 2009. Saat itu, Samsung meluncurkan handphone Android pertamanya, yakni Samsung i7500. Handphone ini menawarkan layar sentuh AMOLED berukuran 3.2 inci. OS yang digunakan pada handphone ini adalah OS Android Cupcake 1.5.Selanjutnya, keberhasilan Samsung dalam platform Android dimulai dengan peluncuran Samsung Galaxy S. Handphone ini diluncurkan oleh Samsung pada Maret 2010. Dan, tingkat penjualan handphone inipun cukup tinggi. Pada Januari 2011, Samsung berhasil menjual handphone ini sebanyak 10 juta unit. Keberhasilan tersebut pun merembet pada suksesor dari Galaxy S. Di antaranya adalah Samsung Galaxy S II dan Samsung Galaxy S III. Tak hanya itu, beberapa handphone Galaxy lainnya pun memperoleh sambutan tinggi di pasaran. Di antaranya adalah Samsung Galaxy Mini, Samsung Galaxy Young serta Samsung Galaxy Note. Sebenarnya, Samsung mengembangkan sebuah sistem operasi sendiri yang disebutnya sebagai OS Bada. Penamaan OS tersebut pun diambil oleh Samsung dari bahasa Korea yang memiliki arti lautan.
Pada April 2010, Samsung meluncurkan handphone pintar berbasis OS Bada pertamanya, yakni Samsung Wave S8500. Handphone ini menggunakan prosesor single core 1GHz dengan GPU PowerVR SGX 540. Pada bagian layar, handphone ini dilengkapi dengan layar Super AMOLED berukuran 3.3 inci serta kemampuan untuk merekam video HD 720p. Handphone inipun mampu terjual sebanyak 1 juta unit dalam empat minggu pertamanya. Namun, seiring dengan tingkat penjualan yang kurang baik, Samsung akhirnya mengumumkan bahwa mereka tidak akan melanjutkan pengembangan OS Bada. Merekapun beralih untuk mengembangkan handphone dengan OS Tizen yang menurut rencana akan diluncurkan pada tahun 2013. Selain itu, Samsung juga memiliki handphone pintar lainnya yang menggunakan OS Windows Phone 7. Dan, handphone Windows Phone pertama yang diluncurkan oleh Samsung adalah Samsung Omnia 7. Namun tingkat penjualan handphone ini masih belum bisa menyaingi tingkat penjualan Samsung Galaxy.

2.3.4 Spesifikasi Samsung
·         3,5G HSDPA + Wi-Fi 802,11 b/g/n
·         TouchScreean candybar, kamera 5,0 MP, Memori Internal 8/16GB
·         Samsung Galaxy S merupakan smartphone berbasis google Android 2,1 Eclair yang dilengkapi dengan tampilan TouchWiz 3,0. Galaxy S dilengkapi dengan layar sentuh kapasitif super AMOLED berukuran 4,0 inci. Disamping itu smartphone Android ini dilengkapi dengan prosessor ARM Cortex A8 1Ghz, RAM 512MB dan ROM 2GB. Galaxy S memiliki ukuran 122,4 x 64,2 x 9,9 dengan berat hanya 119gram.
·         Samsung galaxy S memiliki kamera berkekuatan 5 megapixel dengan fitur autofocus, face anda smile detection. Kamera Galaxy S mampu mengambil gambar dengan resolusi HD 720p. Galaxy S mendukung jaringan HSDPA 7,2 Mbps, thetering, WIFI b/g/n dan bluetoth 3,1 dengan A2DP.
2.4 Strategi Persaingan Pasar dalam Penjualan Produk iPhone dan Samsung
            Berbagai tantangan dan persaingan pasar turut mewarnai perkembangan sebuah usaha. Dalam menjalankan bisnis, adanya persaingan pasar memang bukan hal yang baru. Dengan terciptanya suatu produk yang akan dipasarkan oleh beberapa perusahaan merupakan suatu awal tindakan dengan memikirkan resiko apa yang akan terjadi apabila suatu perusahaan memasarkan produk tersebut. Penjualan pada produk iPhone dan Samsung merupakan persaingan yang sangat ketat khususnya karena spesifikasi produk yang hampir sama dengan kedua produk tersebut. Adapun strategi yang mungkin bisa diambil dengan adanya persaingan produk iPhone dan Samsung, antara lain :
·         Amati pasar dan kenali pasar.
·         Ciptakan produk yang berbeda.
·         Tonjolkan keunggulan produk.
·         Pelajari kelebihan dan kelemahan pesaing.
·         Menawarkan harga yang bersaing.
·         Strategi ini bisa dilakukan dengan cara.
·         Buatlah event untuk mempromosikan produk.
Apabila dari kedua produk iPhone dan Samsung dapat mengambil, melakukan dan menjalani strategi diatas dapat mengurangi persaingan yang menyebabkan persaingan diantara kedua produk ini.

 BAB III
KESIMPULAN DAN SARAN
3.1  Kesimpulan
Berdasarkan kasus yang dibahas  dapat mengambil beberapa point penting dari kasus tersebut, yaitu :
1.      Samsung merasa meluncurkan produk terbarunya tanpa mencontoh atau meniru merk lain yang di masalah ini adalah iphone 4s.
2.      Iphone 4s merasa produknya ditiru oleh Samsung dan membawa masalah ini ke pengadilan.
3.      Iphone 4s sangat merasa tersaingi oleh Samsung yang memiliki keunggulan yang sama.
Berdasarkan kasus mengenai Samsung di tuduh meniru iphone 4s, dapat dikaitkan dengan beberapa teori tentang analisis menangani persaingan. Antara lain :
-          Analisis persaingan pasar
Dalam sebuah bisnis pasti akan banyak sekali pesaing, sebagai pemasar kita harus bisa tau apa saja kelebihan dan kekurangan dari pesaing kita. Samsung yang selalu mengeluarkan produk baru yang memiliki klasifikasi hampir sama dengan iphone4s bahkan Samsung mampu mengungguli iphone 4s. Samsung memiliki kemampuan yang baik dalam menyaingi iphone 4s. seperti kasus diatas dikatakan iphone 4s merasa produknya telah ditiru oleh Samsung sedangkan Samsung memiliki kemapuan yang baik dalam menyaingi iPhone 4S. seperti kasus di atas di kata kan iPhone 4S merasa produknya telah di tiru oleh Samsung sedangkan Samsung memiliki alasan sendiriuntuk membela Produknya. Samsung mengatakan fasilitas seperti iPhone sudah ada dipasaran sejak lama dan tidak hanya Samsung saja yang menggunakan fasilitas yang samadengan iPhone 4S dan Samsung akan segera mengeluarkan produk yang lebih terbarulagi. Kecepatan Samsung dalam memproduksi dengan cepat dan bagus itu bisa dilihat dan para pemasar meliki daya saing yang tinggi.
-          Mengidentifikasi kekuatan pesaing
Dalam hal ini iPhone 4S sudah merasa tersaingi dengan adanya Samsung dengan fasilitas nya yang hapir menyai produknya. iPhone 4S ridak memdiamkan masalah inibegitu saja iPhone 4S membawa masalah ini ke pengadilan di bebrapa Negara. Sehingga membuat Samsung di beberapa Negara di boleh di perjual belikan lagi. Hal ini dilakukan karena iPhone mengetahui bahwa Samsung memiliki daya saing yang tinggi. Itu bisa dilihat dari beberapa ancaman seperti Ancaman persaingan segmen yang ketat, Ancamanpeningkatan kekuatan posisi tawar pemasok  Ancaman peningkatan kekuatan posisitawar pembeli. Ancaman tersebut yang menjadi alas an iPhone 4S merasa tersaingi oleh Samsung.

 3.2  Saran
Didalam mengahadapi persaingan pasar banyak sekali hal yang harus diperhatikan dengan adanya pesaing-pesaing khususnya dengan produk yang sejenis, dari persaingan penjualan produk iPhone dan Samsung sebaiknya dari kedua produk ini.
Adapun saran yang sebaiknya dilakukan oleh persaingan kedua produk ini yaitu :
·         Meningkatkan kualitas daya produk dari masing-masing produk iPhone dan Samsung.
·         Dengan menciptakan produk dari iPhone dan Samsung lebihkan dengan ciri yang berbeda, salahsatunya dengan memperlihatkan keunggulan masing-masing produk atau menambahkan ciri yang khas dari masing-masing produk.
Dengan adanya masalah yang berkelut di dalam persaingan produk iPhone dan Samsung ini sebaiknya diselesaikan dengan baik dan mengikuti jalur hukum yang benar, karena dengan demikian perdebatan ang dilontarkan antar ke dua produk ini akan menghasilkan kepurusan yang seimbang.












DAFTAR PUSTAKA
http://id.shvoong.com/business-management/management/1646527-analisis-persaingan/




0 comments:

Post a Comment