CLICK HERE FOR FREE BLOG LAYOUTS, LINK BUTTONS AND MORE! »

Pages

Friday, December 14, 2012

PASAR MODAL dan PASAR UANG


PASAR MODAL ( CAPITAL MARKET)

Pasar Modal adalah pasar untuk berbagai instrument keuangan jangka panjang yang bias diperjual belikan  baik obligasi, ekuiti, reksa dana, instrument derivative maupun instrument lainnya.
• Merupakan sarana pendanaan bagi perusahaan maupun investasi lain ( misalnya pemerintah, dan sebagai sarana bagi kegiatan berinvestasi).
• Undang-undang pasar modal No 8 Tahun 1995 tentang Pasar Modal mendefinisikan pasar modal sebagai kegiatan-kegiatan yang bersangkutan dengan penawaran umum dan perdagangan efek perusahaan public yang berkaitan dengan efek yang diterbitkan serta lembaga dan profesi yang berkaitan dengan efefk-efek.
Pasar Modal dibagi menjadi dua fungsi, yaitu :
• Pertama sebagai sarana pendanaan usaha/ sebagai sarana bagi perusahaan untuk mendapatkan dana dari masyarakat pemodal (investor).
• Ke dua yaitu menjadi sarana bagi masyarakat untuk berinvestasi pada instrument keuangan seperti saham, obligasi, reksa dana, dan lain-lain. Dengan demikian masyarakat dapat menempatkan dana yang dimilkinya sesuai dengan karakteristik keuntungan dan resiko masing-masing instrument.


SAHAM
- Saham merupakan salah satu instrument pasar keuangan yang paling popular, menerbitkan saham merupakan salah satu pilihan perusahaan ketika memutuskan untuk pendanaan perusahaan.
- Pada sisi lain, saham merupakan instrument investasi yang banyak dipilih para investor karena saham mampu memberikan tingkat keuntungan yang menarik.
- Saham dapat si definisikan sebagai tanda penyetoran modal seseorang atau pihak (badan usaha) dalam suatu perusahaan atau perseroan terbatas. Dengan menyertakan modal tersebut. Maka pihak tersebut meiliki klaim atas pendapatan perusahaan klaim atas asset perusahaan dan berhak hadir dalam RUPS.
Keuntungan Investor membeli atau memiliki saham
Mendapatkan Deviden
- Deviden merupakan pembagian keuntungan yang diberikan perusahaan dan berasal dari keuntungan yang dihasilkan perusahaan.
- Deviden diberikan setelah mendapatkan persetujuan dari pemegang saham dalam RUPS. Jika seorang pemodal inin mendapatkan deviden, maka pemodal tersebut harus memegang saham tersebut dalam kurun waktu yang relatf lama.
- Deviden yang dibagikan perusahaan dapat berupa dividen  saham artinya kepada setiap pemegang saham diberikan deviden saham yang berupa uang tunai dalam jumlah rupiah tertentu untuk setiap saham atau dapat pula berupa deviden saham, yang berarti kepada setiap pemegang saham diberikan deviden sejumlah saham sehingga jumlah saham yang dimiliki seorang pemodal akan bertambah dengan adanya pembagian deviden saham tersebut.
Mendapatkan Capital Gain
                Merupakan selisih anatara harga jual. Capital Gain berbentuk dengan adanya aktifitas perdagangan saham di pasar sekunder.

MENGENAL OBLIGASI
             Obligasi (Bond) adalah surat berharga yang menunjukan bahwa penerbit obligasi meminjam sejumlah dana kepada masyarakat dan memilki kewajiban untuk membayar bunga secara berkala, dan kewajiban melunasi pokok hutang pada waktu yang telah ditentukan kepada pihak pembali obligasi tersebut.
• jika sebuah perusahaan menerbitkan obligasi 500M dengan tingkat suku bunga atau kupon sebesar 16% per tahun, maka pihak penerbit obligasi berkewajiban membayar kupon tersebut pada waktu yang telah ditentukan (misalnya setiap 3 bulan) selama 5 tahun dan di akhir masa berlakunya obligasi tersebut (akhir tahun ke 5). pihak perusahaan wajib mengembalikan pokok hutang senilai 500M tersebut.
• Pihak yang membeli obligasi atau bondholder akan mendapatkan keuntungan melalui pembayaran kupon yang umumnya lebih besar dari tingkat suku bunga bank dan suatu ketika dapat pula memperoleh keuntungan lain yaitu denngan menjual obligasi tersebut lebih tinggi dan dari harga belinya dalam hal ini pemodal.

OBLIGASI MENAWARKAN KEUNTUNGAN
• Memberikan pendapatan tetap (fixed income) berupa kupon. merupakan ciri utama obligasi, dimana pemegang obligasi akan mendapatkan pendapatan berupa bunga secara rutin selama waktu berlakunya obligasi.
• Bunga yang ditawarkan obligasi, umumnya lebhi tinggi dari pada bunga yang diberikan deposito.
• Disamping itu dalam posisi perusahaan penerbit mengalami likuiditas/bubar, maka pemegang obligasi memiliki hak yang lebih tinggi atas kekayaan perusahaan dibanding dengan pemegang saham.
• Keuntungan atas penjualan obligasi, disamping penghasilan kupon pemegang obligasi dapat memperjual belikan obligasi miliknya.
• Jika ia menjual lebih tinggi dibanding dengan harga belinya maka tentu saja pemegang obligasi mendapatkan selisih yang disebut Capital Gain.
• Jual beli obligasi dapat dilakukan di pasar sekunder melalui para dealer atau pialang obligasi.
• Dengan demikian dikenal 3 jenis tingkat penjualan obligasi yaitu
1. Obligasi dijual lebih tinggi dari nilai pokok obligasi (dijual premium).
2. Obligasi dijual sama dengan harga pokok obligasi (di jual at Par).
3. Obligasi dijual lebih rendah dari nilai pokok obligasi (dijual dengan Discount).

OBLIGASI TETAP MENGANDUNG BEBERAPA RESIKO
• Resiko perusahaan tidak mampu membayar kupon obligasi maupun resiko perusahaan tidak mampu mengembalikan pokok obligasi. ketidakmampuan perusahaan dalam membayar kewajiban dikenal dengan Default.
  Kewajiban jarang terjadi, namun  dapat saja suatu ketika penerbt obligasi tidak mampu membayar baik bunga maupun pokok obligasi. jika penerbit obligasi tidak mampu membayar bunga, maka biayanya pembayaran bunga ditangguhkan atau diundur sesuai kesepakatan dan para pemegang obligasi.
• Resiko tingkat suku bunga (Interest Rest Risk) pergerakan harga obligasi sangat ditentukan pergerakan tingkat suku bunga.
• Pergerakan Harga obligasi berbanding terbalik dengan tingkat suku bunga, artinya jika suku bunga naik maka harga obligasi akan turun, sebaliknya jika suku bunga turun maka harga obligasi naik. 

PASAR UANG

 Pasar Uang adalah kelompok pasar dimana instrumen kredit jangka pendek umumnya berkualitas tinggi diperjualbelikan. jika waktu instrumen pasar uang biasanya jatuh tempo dalam waktu 1 tahun kurang. Dalam sistem keuangan pasar uang (Money Market) dan pasar modal merupakan bagian financial market. PASAR UANG tidak sama dengan PASAR MODAL - Pasar uang merupakan pasar Likuiditas primer, pasar modal berkaitan dengan surat berharga yang berjangka panjang dimana dana yang diperjual belikan bersifat permanen/semi permanen. - Transaksi dalam pasar uang dilakukan denganmenggunakan sarana telekomunikasi sehingga sering disebut pasar abstrak : pasar modal tempat pelaksanaan transaksi tertentu disebut bursa efek. - Pasar Uang merupakan pasar yang tidak terorganisasi (Unorganized Market) : Pasar Modal adalah pasar tang terorganisasi (Organized Market) dimana pelaksanaannya diatur dan diawasi oleh otoritas Pasar Modal yaitu BAPEDAM (BAdan PEngawas Pasar Modal) 

FUNGSI PASAR UANG 
- Merupakan sarana alternatif bagi lembaga-lembaga keuangan. perusahaan-perusahaan non keuangan dan peserta lainnya baik dalam memenuhi kebutuhan jangka pendek maupun dalam rangka melakkan penempatan dana atas kelebihan likuiditasnya. 
- Secara fisik langsung merupakan sarana pengendali moneter oleh penguas moneter dalam melakukan operasi pasar terbuka. 

NAH, sdikit penjelasan dari pasar modal dan pasar uang. terdapat perbedaan yang terlihat dari ke dua pasar. hmmm, dari pasar modal bisa terlihat dengan danya saham dan obligasi. banyak sekali cara kita untuk mengelola sejumlah modal yang kita miliki dan dikelola dengan dari adanya saham dan obligasi tersebut. terdapat kekurangan dan kelebihan dari saham dan obligasi, tetapi apabila kita minat atau ingn mencoba dengan adanya sejumlah modal yang kita miliki dapat kita lakukan. dengan pemahaman dari obligasi dan saham... sebenatnya dengan perekonomian yang terjadi pada saat ini, dengan kita mencampurkan diri pada lembaga keuangan banyak sekali lho keuntungannya, dan tepat untuk kita jalankann... hhihi. semoga bermanfaat yaaaaa dari penjelasannyaa....

2 comments:

novi wijayanti said...

makasii yaa

Unknown said...

iyaaa nopnopp cama-cama :)

Post a Comment